"WEBSITE RESMI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN NATUNA"

Wisata Mangrove Semitan Mendadak Viral di Natuna.

Hadiah terindah  dari yang kuasa adalah keindahan alam Natuna yang luar biasa terdiri dari keindahan pantai pasir putih dengan dihiasi oleh jajaran batu batu granit ukuran raksasa, alam pegunungan dengan goa-goa dan air terjun serta bentangan hutan mangrove yang luas menambah pesona Natuna.

Dengan gambaran diatas maka tak berlebihan rasanya kalau kita masyarakat Natuna bermimpi untuk menjadikan Natuna sebagai tujuan destinasi wisata faforit di Indonesia. Hal demikian bukanlah mimpi dan angan belaka namun merupakan sebuah tekad karna dengan keindahan alam ditambah letak strategis Kabupaten Natuna dijalur dagang asia.

Masyarakat sebagai ujung tombak dalam pengembangan potensi wisata telah memberikan andilnya dalam pengembangan pariwisata Natuna.Ini dibuktikan oleh masyarakat Desa Pengadah Kecamatan Bunguran Timur Laut, bersama pihak pemerintah desa membangun kawasan wisata mangrove di muara Sungai Semitan.

Kawasan Wisata Mangrove Semitan yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat merupakan bukti bahwa masyarakat sangat peduli akan pelestarian dan menjaga kawasan  lindung dari tindakan – tindakan yang merusak alam. Dan pada akhirnya dapat membuka kesempatan kerja dan menambah pendapatan bagi masyarakat desa,

Berbagai kagiatan wisata yang dapat dilaksanakan di kawasan Wisata Mangrove Semitan, seperti menikmati hutan bakau, yang menyukai petualangan dapat menyusuri sungai sambil menyaksikan keragaman fauna disepanjang perjalanan,memancing dan menjala ikan di muara sungai semitan.

Selain kegiatan diatas, nantinya dikawasan Wisata Mangrove di bangun kawasan edukasi dan pelestarian bakau. Para pengunjung dapat berlibur menikmati sensasi hutan bakau sambil terjun langsung menanam dan belajar tentang bakau.

Selain berwisata,pengunjung dapat berintraksi langsung dengan masyarakat setempat dengan mengunjungi kampong lama semitan yang telah siap menyambut dengan memperkenalkan kuliner tradisional dan membuka rumah-rumah sebagai Homestay. (Andre/Chang)