Wakil Bupati Natuna IKuti Tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW di Kecamatan Pulau Tiga.

Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda mengikuti kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kecamatan Pulau Tiga Barat, Selasa (19/10/2021).

Dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, masyarakat Kecamatan Pulau Tiga Barat memiliki tradisi khusus. Tradisi tersebut sudah ada sejak tahun 1980-an namun sempat menghilang selama 30 tahun. Lalu oleh tokoh agama dan masyarakat mengajak warga untuk melesrarikannya kembali sehingga mulai tahun 2020 sudah mulai dilaksanakan lagi tradisi tersebut. Di tahun 2021 ini kembali dilaksanakan, tujuannya tidak lain dan tidak bukan hanya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT serta menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan seluruh umat Uslam.

Dalam tradisi peringatan Maulid oleh Masyarakat Kecamatan Pulau Tiga di mulai dengan pawai menuju mesjid sambil melantukan kesenian marawis disepanjang jalan, kemudian didalam mesjid dilakukan barzanji yang dipimpin oleh seorang ustadz, kemudian terdapat juga tradisi potong rambut anak kecil yang berusia 40 hari – 1 tahun, kemudian dilanjutkan dengan pembagian barokah yang disusun disebuah wadah yang memiliki sebuah tiang.

Dalam barokat tersebut terdapat kain penutup berwarna putih, tebu, pisang monyet, ketan dan telur rebus. Semua barokat tersebut memiliki filosofinya masing-masing.

Hadir dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Natuna, Camat Pulau Tiga Barat, Kepala Kemenag Kabupaten Natuna, Kepala Desa Tanjung Kumbik, tokoh Masyarakat, masyarakat Kecamatan Pulau Tiga Barat dan siswa/siswi Pulau Tiga Barat.

Semoga tradisi seperti ini terus terjaga dan menyadarkan kita bahwa Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan umat Islam.
(DT)