Smartfrend Community dan Disparbud Natuna Kolaborasi Promosikan Wisata Natuna.

Ranai – Smartfren community mengadakan Live Streaming kelas online di Youtube yang bertajuk “Natuna Surga di Ujung Utara” pada minggu 31 jan 2021 di Gedung Geologi Informasi Center (GIC) Natuna yang dimulai pada pukul 14:00 WIB.

Hardinansyah memberikan penyampaian terkait Geopark Natuna.

Acara tersebut diikuti oleh Hardinansyah (KaDISPARBUD NATUNA), Kardiman (Kabid Pemasaran), Hadisun (Kabid Kebudayaan), Kiki Firdaus (ketua GenPi Natuna) dan Ketua Smartfrend Community Cabang Natuna Shirojudin selaku Host.

Hardinansyah dalam penyampaianya menyatakan bahwa “Natuna pada 29 November 2018 lalu telah ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional, ini dikarenakan Natuna memiliki 3 hal, diantaranya yaitu Geodiversity (keanekaragaman bebatuan), Biodiversity (keanekaragaman hayati) dan Cultural Diversity (keanekaragaman budaya)”, beliau juga menyampaikan bahwa ada 3 tujuan dari ditetapkannya Natuna sebagai Geopark Nasional yaitu untuk konservasi, edukasi dan ekonomi berkelanjutan.

Hadisun menyampaikan informasi terkait budaya yang di Natuna.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian budaya yang ada di Natuna oleh Kepala Bidang Kebudayaan, Hadisun. Beliau memulai penyampaiannya dengan 2 buah pantun, yang merupakan salah satu ciri khas budaya melayu di Natuna. Dalam penyampaiannya beliau mengatakan bahwa “Natuna pada umumnya, objek-objek kebudayaannya adalah melayu, mulai dari bahasa melayu natuna, kesenian melayu natuna, dan tradisi melayu natuna”.

Kardiman menyampaikan informasi terkait destinasi dan promosi di Natuna.

Kepala Bidang Pemasaran Kardiman  menyampaikan bahwa Natuna memiliki potensi yang luar biasa, dimana pada tahun 2019 lalu pengunjung Natuna meningkat pesat mencapai 30 ribu lebih pengunjung, kemudian pada tahun pandemi 2020, Natuna masih banyak dikunjungi sehingga pengunjung Natuna mencapai 18 ribu pengunjung. Beliau juga menyampaikan tips untuk pengunjung yang ingin mengunjungi Natuna.

Sirojhudin, Host Smartfrend Communty Cabang Natuna.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempromosi potensi pariwisata Natuna kepada teman Smartfrend Community yang ada di seluruh Indonesia lewat zoom meeting. Sehingga dengan acara tersebut, gambaran dan kepastian wisatawan yang akan datang ke Natuna akan tergambar jelas karena infromasi yang didapatkan langsung dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna. (DYT)