"WEBSITE RESMI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN NATUNA"

Pelatihan Tata kelola Destinasi Pariwisata dan Pelatihan Manajemen Home Stay

Didalam dunia pariwisata sebelum destinasi diperkenalkan dan dijual, terlebih dahulu harus menyiapkan aspek utama (4A) yang harus dimiliki, yaitu atraksi, aksesibilitas, amenitas dan ancilliary (organisasi/lembaga yang mengatur/mengelolanya). Ini menjadi penting karena walaupun destinasi sudah mempunyai atraksi, aksesibilitas dan amenitas yang baik, tapi jika tidak ada yang mengatur dan mengurus maka ke depannya pasti akan terbengkalai. Organisasi sebuah destinasi akan melakukan tugasnya seperti sebuah perusahaan. Mengelola destinasi sehingga bisa memberikan keuntungan kepada pihak terkait seperti pemerintah, masyarakat sekitar, wisatawan, lingkungan dan para stakeholder lainnya.

Berkaitan hal tsb melalui kegiatan Pelatihan Tata kelola Destinasi Pariwisata dan Pelatihan Manajemen Home Stay/Pondok Wisata pada kegiatan Peningkatan Peran serta Masyarakat dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata thn 2019 yg dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di Aula
Sisi Basisir pada tgl 24 September sd 26 september 2019 dengan peserta dari Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), Pengelola Objek Wisata dan Pengelola home stay dengan tujuan agar para peserta pelatihan mengerti/memahami cara mengelola destinasi yg baik sehingga wisatawan merasa nyaman ketika berada di destinasi tsb atau lebih dkenal dgn sapta pesona (7 pesona) yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan.

Kadisparbud Natuna, Hardinansyah bersama peserta pelatihan

Adapun narasumber berasal dari perguruan tinggi di Batam Tourism Polytechnic (BTP), Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Lancang Kuning Nusantara Pekanbaru, Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kab. Natuna dan Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kab. Natuna dengan materi :

✅ Kebijakan Pengembangan Pariwisata Kab. Natuna
✅ Service Excelen bagi petugas Keamanan di Objek Wisata
✅ Konsep Pembuatan Materi Promosi Pariwisata di Destinasi Wisata
✅ Sumber Daya Manusia Pariwisata & Pelayanan Prima
✅ Tata Kelola Destinasi/Objek dan Daya Tarik Wisata
✅ Standar Tata Kelola/Manajemen Home Stay & Pondok Wisata
✅ Tinjau Lokasi & Praktek Lapangan

Dengan dilaksanakan pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Pelatihan Manajemen Homestay/Pondok Wisata dapat memperbaiki kualitas pelayanan kepariwisataan dan diharapkan bisa membawa perubahan pada wajah destinasi dengan menerapkan dan mengaplikasikannya melalui peran kelompok masyarakat sebagai ujung tombak yg bersentuhan langsung dengan pengunjung/wisatawan.(Dian)