"WEBSITE RESMI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN NATUNA"

Pantai Cemaga

Pantai Cemaga adalah salah satu pantai terbaik yang wajib anda jadikan toplist bila berkunjung ke Natuna. Pantai ini terletak di kecamatan Bunguran Selatan melintasi 3 desa mulai dari desa cemaga selatan,cemaga kota hingga cemaga tengah. Bentangannya mencapai radius 5 Km dari bibir pantai hingga tepian batas air laut ketika pasang mencapai 10-15 meter.

Selain cantik, kealamiannya juga masih terjaga. Airnya yang jernih dengan serta merta mengajak kita untuk menceburkan diri dan bermalas-malasan di dalamnya. Apalagi perairan laut disini terbilang berombak tenang, banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti volley pantai, berenang, snorkeling dan aneka olahraga pantai lainnya.

Nyiur melambai, airnya yang jernih, dan bongkahan batu besar yang bertebaran di sepanjang tepi pantai adalah hal menakjubkan yang tidak akan selesai diperbincangkan dalam semalam. Ada yang kecil, sedang bahkan banyak diantaranya berukuran raksasa. Bentuknya pun sangat beragam, ada yang bulat, lonjong, hingga menyerupai gunung, atap rumah bahkan lambung kapal. Titik sebarannya mencapai empat kawasan dengan sebutan yang berbeda-beda. Sisi teluk yang berada di wilayah sebintang dinamai penduduk setempat dengan Batu kaun. Lalu berturut-turut disebut Batu Madu, Batu setapung hingga Batu kasah. Yang terakhir disebut dianggap sebagai kawasan bongkahan batu yang terluas dan memiliki pemandangan yang paling spektakuler dan bahkanada beberapa bongkahan batu yang terlohat seperti mengapung di atas permukaan air. Luar biasa!!

Pantai Cemaga ini dikenal sebgai salah satu surga bagi para pemancing-mania, dimana-mana lokasi bisa dijadikan area untuk memancing. Oleh karena itu jangan lupa membawa alat pancing beserta perlengkapannya, sewa saja perahu motor kecil milik nelayan setempat dengan tarif yang bisa dinegosiasikan.

Pantai cemaga sendiri lokasinya mudah dicapai, hanya berjarak sekitar 23 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil. Sebagai tips tambahan bawalah bekal makanan secukupnya karena restoran tidak tersedia di kawasan ini. Tidak satupun pondok penginapan di pantai cemaga ini tersedia. Satu-satunya cara jika ingin bermalam disini adalah dengan menginap di rumah penduduk atau memasang tenda di tepi pantai atau lokasi-lokasi yang berdekatan dengan rumah warga sekitar. Bawalah peralatan yang diperlukan. ***