"WEBSITE RESMI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN NATUNA"

Natuna Funtouristic Festival  2018

Tak berhenti hanya di etape ketiga gelaran kalender event, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna tetap tancap gas melaju ke etape berikutnya. Setelah Festival Wisata Bahari yang mendatangkan puluhan kapal yacht berisikan 30-an wisatawan asing dari berbagai Negara, dilanjutkan dengan Festival Pulau Senua yang dimeriahkan berbagai lomba tradisional, serta event Parade Tari Daerah Tingkat Provinsi Kepulauan Riau, kini Disparbud Natuna kembali menggegarkan dunia pertunjukan di Ranai dan sekitarnya dengan beragam festival dan lomba berskala lokal hingga internasional.

Ragam festival dan lomba yang digelar nyaris serentak tersebut diantaranya adalah  Festival Band Remaja, Lomba Menyanyi Lagu Melayu, Permainan Gasing, Lomba Nyuluh/Bekarang, Festival Burung Berkicau dan yang paling spektakuler dan antusias disambut oleh warga Natuna adalah Festival Layang-layang tradisi, kreasi, lollipop, electric light,  hingga Layang-layang Grande yang spektakuler karena dibawakan oleh Pelayang Internasional yang berasal dari 7 negara.

Waktu penyelenggaraan event Funtouristic Festival sengaja disejalankan dengan Hari Jadi Kota Ranai ke-147 yang menandai moment mulai menggeliatnya dan berkembang pesatnya  Kota Ranai sebagai Ibukota Kabupaten Natuna sejak dahulu hingga sekarang ini.

Tujuan digelarnya berbagai festival dan lomba tersebut tentunya adalah untuk meningkatkan gairah orang untuk mengunjungi Natuna yang terkenal dengan kealamian dan eksotismenya. Dengan hadirnya berbagai event tersebut akan dapat memancing minat untuk bertandang ke Natuna. Gelaran event seperti ini juga dapat menaikkan citra positif pariwisata Natuna di mata dunia.

Sedangkan manfaat penyelenggaraan sebuah event diantaranya adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, meningkatkan perekonomian bagi pelaku usaha wisata dan mesyarakat setempat serta memberi hiburan tersendiri bagi masyarakat Natuna yang mendambakan hiburan berkualitas.

Jika ditelisik istilah FUNTOURISTIC yang dijadikan event unggulan di tahun 2018 dapat ditemukan beberapa kata unik yang dirangkai seperti misalnya kata Fun (gembira), Tourist (wisatawan), Fantastic (mengagumkan) hingga Futuristic (kekinian). Sehingga Brand Image event Funtouristic adalah Event bernuansa Kekinian yang menghadirkan Kegembiraan dan Kekaguman Wisatawan yang datang berkunjung ke Natuna. (Hfz).