Mahasiswa Asal Natuna Ciptakan Aplikasi Visiting Natuna di Playstore.

Mahasiswa KKN Universitas Islam Riau(UIR) @universitasislamriau dan Universitas Negeri Padang @universitasnegeripadang_unp menyampaikan hasil laporannya berupa perancangan Aplikasi E-Tourism Sebagai Media Promosi Wisata di Kabupaten Natuna Berbasis Android dengan Metode Waterfall, Jum’at(29/01/2021).

Presentasi ini dilaksanakan diruang rapat Kadisparbud Natuna yang dipimpin oleh Kabid Pemasaran, Kardiman. Laporan disampaikan salah satu mahasiswa yakni Muhammad Alfazillah yang menjelaskan metode dan review aplikasi yang dibuat. Aplikasi tersebut dibuat dengan tujuan untuk mempermudah wisatawan dalam memperoleh informasi terkait pariwisata di Natuna, cukup dengan mengunduh dari Playstore saja. Dalam presentasinya Alfazillah menyampaikan, aplikasi tersebut akan diberi nama Visiting Natuna. Sebelum masuk ke Playstore, maka akan diperiksa terlebih dahulu kontent, layout dan tingkat kemanan agar tidak mudah diretas. Karena informasi yang tersedia di situ nanti merupakan data valid yang terbitkan oleh Pemkab yaitu Disparbud Natuna. Jika sudah selesai dan sudah dibisa diunduh di Playstore, aplikasi tersebut nantinya diserahkan ke Disparbud dan dikelola oleh tim IT Disparbud Natuna, agar kontentnya nanti  bisa diupdate dan dikembangkan. Untuk saat ini masih berupa localhost artinya hanya review saja. Selanjutanya akan dilakukan presentasi yang ke-2 kalinya.

Alfazillah menyampaikan laporan KKN berupa aplikasi Visiting Natuna.
Alfazillah (mahasiswa asal Natuna yang menempuh pendidikan di UIR)

Dalam kesempatan yang sama mewakili Kepala Dinas, Kardiman selaku Kabid Pmemasaran Disparbud Natuna menyambut baik dan sangat setuju dengan perencanaan aplikasi tersebut. Karena dengan adanya mahasiwa seperti ini akan menunjang promosi pariwisata Natuna berbasis digital. Empat orang Mahasiswa tersebut putra daerah asal Natuna yang menimba ilmu di Padang dan Pekanbaru.

 

Kardiman (Kepala Bidang Pemasaran Disparbud Natuna).
Peserta Presentasi.

Hadir dalam acara tersebut, Kabid Pemasaran Disparbud Natuna (Kardiman), Kasi Promosi (Noryenti), Mahasiswa UIR dan UNP( Muhammad Alfazillah, Tomy Putra Wijaya, Mela Devi Aulya, Hasiya Rohmah) dan staf pemasaran Disparbud Natuna.

Foto bersama.

Acara tersebut ditutup dengan tepuk tangan dan foto bersama. (DYT).