Disparbud Natuna Sosialisasi UU Cagar Budaya di Bunguran Batubi

Batubi – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Natuna mensosialisasikan Undang-Undang (UU) Cagar Budaya Nomor 11 tahun 2010. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Camat Bunguran Batubi, dihadiri oleh Kepala Disparbud Natuna beserta jajaran, Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat Polisi Resort (Kasat Binmas Polres) Natuna, Camat Bunguran Batubi,  Kepala Desa, ketua BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta tokoh masyarakat. Selasa pagi (08/06).

Kadisparbud Natuna sedang menyampaikan sambutan.

Kepala Disparbud Natuna Hardinansyah mengatakan tujuan dari sosialisasi adalah menjalankan amanat UU bahwa ada aturan yang melindungi benda cagar budaya, “selaku instansi teknis, kami harus sampaikan aturan ini agar kita mengetahui dan memahami ada Undang-undang yang mengatur hal ini” katanya saat memberikan kata sambutan.

Hardinansyah memahami faktor yang menjadi alasan masyarakat dalam melakukan perburuan benda cagar budaya. Namun menurutnya Disparbud tentu tidak boleh melakukan pembiaran begitu saja, harus ada edukasi bahwa apa yang selama ini dilakukan bertentangan dengan UU.

Kepala Bidang(Kabid) kebudayaan sedang menyampaikan materi sosialisasi.

Sementara itu Kasat Binmas Polres Natuna Iptu Maskat dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa ada pidana yang bisa menjerat pencari dan penadah benda cagar budaya, “contohnya pasal 102 dan pasal 103 dalam UU Cagar Budaya bisa membuat orang dipidanakan” ungkapnya kepada belasan peserta yang hadir.

“Jadi Bapak-bapak selaku Stake holder pemerintah, kita harus sampaikan ini kemasyarakat bahwa benda cagar budaya dilindungi undang-undang”, tambahnya mengingatkan.

Foto bersama peserta sosialisasi.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Lalu ditutup dengan foto bersama.