Disparbud Natuna dan Ketua BP Geopark Hadiri Fun Camping GenPI Natuna

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Natuna melakukan Fun Camping bersama Para Komunitas, 25 s/d 26 Desember 2020, di Pantai Sujung, Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Fun Camping GenPi Natuna (Foto: GenPi Natuna)

Ketua GenPI Natuna , Kiki Firdaus menyatakan bahwa acara ini merupakan agenda GenPI Natuna dalam memberdayakan komunitas yang ada di Natuna. Turut bergabung komunitas dari Kelarik Kecamatan Bunguran Utara. GenPI Natuna juga melounching logo baru dan disejalankan dengan Rapat Tahunan GenPI Natuna.

Kardiman, Kabid Pemasaran Disparbud Natuna (Foto: GenPi Natuna)

Pada acara puncaknya hadir Kepala Dinas Pariwisata diwakili oleh Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Kardiman. Dalam sambutannya mengatakan, “atas nama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Fun Camping yang telah dilaksanakan oleh GenPI Natuna bersama para komunitas”. Lebih lanjut Kardiman mengatakan, “untuk sebuah perubahan harus adanya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat/komunitas, pelaku usaha, akademisi dan media”. Jadi untuk memajukan sektor Pariwisata Natuna harus saling mendukung dari masing-masing unsur di atas, imbuhnya.

M. Alim Sanjaya yang hadir sebagai Ketua Badan Pengelola Geopark Natuna sangat kagum dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh GenPI Natuna. “Natuna sebagai kawasan Geopark bukan saja untuk pengembagan wisata”, namun lebih jauh dijelaskan Jaya, sapaan akrabnya. Keberadaan Geopark sebagai kawasan konservasi, edukasi dan ekonomi berkelanjutan. Dalam Struktur Badan Pengelolaan Geopark pun bukan hanya didominasi pemerintah, tetapi peran komunitas sangat diharapkan.

Mirza Ghamal, Manajer Natuna Dive Resort.

Kehadiran pihak Manajemen Natuna Dive Resort (NDR), membuat pertemuan ini lebih sempurna. Mirza Ghamal dalam sambutannya, “kami dari NDR siap membantu pengembangan Pariwisata Natuna”. Pihak NDR telah melakukan MoU dengan Badan Pengelola Usaha (BPU) UNRI terkait kerjasama pengembangan pariwisata. Saat ini NDR sedang menjajaki kerjasama dengan pihak airline untuk persiapan penerbangan langsung Jakarta – Natuna.

Penanda tanganan MoU antara GenPI Natuna dengan Disparbud Natuna, BP Geopark, Manajemen NDR, serta dengan komunitas. (Foto: GenPi Natuna)

Kegiatan berakhir dengan penanda tanganan MoU antara GenPI Natuna dengan Disparbud Natuna, BP Geopark, Manajemen NDR, serta dengan komunitas.

Terpancar sebuah harapan baru dari raut wajah para komunitas, Pariwisata Natuna akan bangkit (KD).