CAWAS SEKOLAH SE- KAB. NATUNA MENERIMA PEMBEKALAN MATERI GEOPARK

Pengawas Sekolah adalah salah satu pengembang pendidikan yang bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Untuk mendukung hal tersebut Sekretaris Badan Pengelola Geopark / Kabid Pemasaran Disparbud Kab. Natuna mejadi pemateri dalam pembekalan materi geopark pada acara Diklat Calon Pengawas Sekolah Kegiatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tahun Anggaran 2021, pada Selasa (4/5/2021).

Dalam bahasannya, Kardiman, Kabid Pemasaran Disparbud Natuna menyampaikan beberapa materi pembekalan terkait informasi kebumian Natuna kepada calon pengawas yang diikuti oleh 11 orang peserta yang merupakan kepala sekolah aktif. Beliau juga menyampaikan bahwa Natuna memiliki potensi yang sangat luar biasa dari sektor pariwisata.

Lebih lanjut, Sekretaris Badan Pengelola Geopark Natuna ini menyampaikan bahwa ditetapkannya Kabupaten Natuna sebagai Geopark Nasional karena memiliki Keragaman Geologi (geodiversity), Keragaman Hayati (biodiversity) dan Keragaman Budaya (Culture Diversity) dengan tujuan adalah untuk Konservasi, Edukasi dan Pengembangan Ekonomi berkelanjutan.

Kehadiran Geopark Natuna dapat melawan kerusakan lingkungan, merubah prilaku masyarakat dari ekstraktif ke konservatif, pengayaan intelektual bangsa melalui edukasi, membangun ekonommi kerakyatan dan melakukan revolusi mental bangsa.

Pihak sekolah dapat melakukan inovasi terkait pemahaman geopark terhadap para pelajar, misalnya membuat nama kelas atau kantin dengan nama-nama geosite Geopark Natuna. (Grey)