Bupati Natuna Ceritakan Awal Terbentukanya Kabupaten Natuna Pada HUT Natuna ke 17

Pada tanggal 12 Oktober 2016 Kabupaten Natuna genap berusia Sweet Seventeen. Ibarat usia remaja menuju ada kedewasaan, demikian pula dengan Kabupaten di ujung utara Indonesia ini.

Kabupaten Natuna lahir pada tangga 12 Oktober 1999 yang merupakan hasil pemekarandari Kabupaten Kepulauan Riau. Selama 17 tahun menjadi Kabupaten, cukup banyak pembangunan berbagai sektor yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Natuna. Walaupun masih dipandang sebelah mata oleh sebagian orang maupun masyarakat sendiri namun pembangunan di wilayah Kabupaten Natuna yang lebih luas lautan daripada daratan ini tetap berlajut pelan tapi pasti.

Sebagai Kabupaten dengan wilayah berupa dua ratusan pulau-pulau kecil yang tersebar secara acak ini tetap berupaya membangun infrastruktur higga ke pelosok. Telah banyak hasil pembangunan yang dicapai jika dibandingkan dengan zaman ketika belum menjadi kabupaten tersendiri terutama pembangunan infrastruktur umum seperti jalan, jembatan dan pelabuhan. Mengigat luas wilayah yang cukup luas dan terpencar-pencar sehingga terkesan kurang terbangun optimal.

Situasi jatuh bangun selama 17 tahun itulah yang menjadikan peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Natuna tahun ini terasa sedikit istimewa. Dengan anggaran yang tidak khusus diperuntukkan untuk membuat event yang megah, melalui partisipasi dari setiap SKPD dengan menyesuaikan pelaksanaan kegiatan dengan peringatan HUT Kabupaten Natuna tersebut serta dukungan dari masyarakat luas, sehingga beberapa acara memeriahkan HUT Natuna tersebut menjadi lebih berwarna.

Mulai dari Upacara Peringatan HUT Kabupaten Natuna, yang sebelumnya dilakukan berbagai acara memeriahkan peringatan tersebut seperti kegiatan olahraga pagi dengan senam bersama, donor darah, bahkan sejalan dengan HUT TNI Nasional di Kabupaten Natuna dengan kedatangan Bapak Presiden RI Joko Widodo sekaligus peresmian Enclave Sipil Bandara Ranai dengan menyuguhkan atraksi Angkasa Yudha dengan atraksi pesawat dan terjun payung serta penembakan dan penenggelaman kapal yang dikomandoi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi. Kegiatan tersebut membuat masyarakat Natuna cukup terkesima.

Kegiatan Peringatan HUT Kabupaten Natuna ditutup dengan manis oleh acara malam hiburan rakyat dengan kehadian Bupati Natuna, jajaran SKPD dan FKPD serta tamu undangan. Meski sederhana namun acara malam hiburan berlangsung cukup meriah dengan beberapa acara seperti pembacaan Selayang Pandang Kabupaten Natuna, Penceritaan langsung dari Narasumber yang kompeten tentang awal muasal berdirinya Kabupaten Natuna oleh Bupati Natuna sendiri yatu Bapak Drs. A. Hamid Rizal. Pemberian berkat Bunga Telur kepada 17 pemuka masyarakat di Kabupaten Natuna serta dilanjutkan dengan acara hiburan yang diprakarsai oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna yang menampilkan, tarian persembahan, tarian melayu kreasi dari sanggar Langka Dura dan siswi SMAN 1 Bunguran Timur. Ada juga permainan Alu oleh masyarakat Kecamatan Bunguran Timur Laut dan hiburan lagu lagu menghibur lainnya.
(Narasi:Marhafiz Luthfi/Foto:Dedi Yudia)