BP Geopark Survei Potensi Geosite Di Kecamatan Bunguran Tengah

Kabupaten Natuna sudah ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional(taman bumi) sejak bulan November 2018. Saat ini sudah ada 8 geosite yang diprioritaskan. Diantaranya Tanjung Datuk, Gua Kamak, Pulau Senua, Tanjung Senubing, Gunung Ranai, Batu Kasah dan Pulau Setanau.

Sosialiasi Geopark di Kantor Desa Harapan Jaya

 

Sosialiasi Geopark di Kantor Desa Harapan Jaya

Ketua BP Geopark Natuna (Muhammad Alim Sanjaya) bersama Disparbud Natuna dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa melakukan survei di Kecamatan Bunguran Tengah. Sebelum menuju lokasi yang akan disurvei, Tim BP Geopark Natuna juga melakukan sosialisasi di Kantor Desa Harapan Jaya. Sosialiasi ini disambut baik oleh Kepala Desa Harapan Jaya (Evan Sukardi). Salah satu potensi geosite yang ada di Kecamatan Bunguran Tengah, khususnya Desa Harapan Jaya adalah Gunung Gundul. Evan Sukardi dan warga Desa Harapan Jaya sangat merasa bangga jika Gunung Gundul ditetapkan sebagai geosite prioritas. Dengan harapan kunjungan di Gunung Gundul terus ada dan semakin ramai, sehingga masyarakat bisa berjualan disana. Maka peluang ekonomi di Desa Harapan Jaya semakin besar.

Gunung Gundul dilihat dari udara

 

Selanjutnya Tim BP Geopark Natuna dan Kepala Desa beserta staf langsung menuju lokasi Gunung Gundul. Memakan waktu sekitar 30 menit untuk sampai dilokasi tersebut jika dari Bandara Ranai. Sampai di Gunung Gundul, kita disuguhkan dengan pohon-pohon lurus bagaikan hutan pinus. Jenis pohon tersebut hanya tumbuh di permukaan tanah tertentu. Tanah dilokasi tersebut sangat keras dan mengandung kerikil.

Batu dan tumbuhan di area Gunung Gundul

Sebelumnya, sudah di bangun beberapa spot foto. Jadi setiap pengunjung yang datang selalu berfoto dan membagikan ke media sosial. Namun saat ini beberapa spot foto sudah mulai rusak dan akan ada inovasi baru yang akan dibangun ditempat tersebut. Saat berada dipuncaknya pengunjung bisa menyaksikan hamparan hutan yang sangat hijau. Geosite Gunung Ranai juga terlihat indah jika disaksikan dari Gunung Gundul. Di area parkir sudah tersedia SarPras berupa gazebo yang dibangung oleh SKK Migas. Selain berteduh dipohon, pengunjung juga bisa istirahat di gazebo tersebut.

Gazebo yang dibangun ole SKK Migas

Gunung Gundul memiliki bebatuan dan jenis tumbuhan yang beraneka ragam. Selanjutnya akan diteliti oleh Pusat Penelitian Geopark Nasional. Dari hasil penelitian nantinya semoga Gunung Gundul masuk sebagai Geosite Prioritas.

 

 

 

Close Menu