BP GEOPARK NATUNA BANGUN JEJARING PENGEMBANGAN GEOPARK

Badan Pengelola(BP) Geopark Natuna melakukan Sosialisasi Geopark Natuna kepada anggota Darma Wanita Persatuan ( DWP ) Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah ( BP3D ) Kab. Natuna di kediaman Ny. Rina Andriani Moestofa. Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna ( Kardiman ) sekaligus sebagai anggota Badan Pengelola Geopark Natuna sebagai narasumber pada kegiatan tersebut memberikan pemahaman akan pentingnya warisan geologi ( geoheritage ) dengan keragaman geologi ( geodiversity ), keragaman hayati ( biodiversity ) dan keragaman budaya ( culture diversity ).

Bebatuan yang ada di geosite merupakan Kerak Benua, yaitu Pulau Senua sedangkan Kerak Samudra adalah Pulau akar yang merupakan batu tertua di Kab. Natuna berdasarkan penelitian dari Pusat Survey Geologi, Badan Geoogi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Lebih lanjut kardiman menyampaikan bahwa tujuan geopark adalah untuk melawan kerusakan alam, transformasi ekstraktif ke konservatif, melakuan revolusi mental serta melestarikan warisan budaya tak benda ( intangible heritage ).

Geopark berfungsi untuk edukasi, konservasi dan ekonomi berkelanjutan. Untuk membangun jejaring yang kuat dalam memberikan edukasi, konservasi dan pengembangan ekonomi berkelanjutan kepada masyarakat sekitar, sosialisasi ini akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama ( PKS ) antara Badan Pengelola Geopark Natuna dengan Ketua DWP BP3D Kab. Natuna. Semoga langkah ini merupakan awal kebangkitan salah satu organisasi wanita di Natuna ini untuk turut serta mengembangkan Geopark Natuna dan peduli dengan lingkungan sekitar ( KD ).

Close Menu