[huge_it_slider id='1'] "WEBSITE RESMI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN NATUNA"

Aldy Maldini & Wafda Lubis Meriahkan Natuna Funtouristic Festival 2018.

Penyelenggaraan event Funtouristic Festival yang disejalankan dengan peringatan Hari Jadi Kota Ranai yang ke-147 telah usai digelar secara rally selama 5 hari berturut-turut mulai dari tanggal 27 hingga 31 Juli 2018.
Pemerintah Kabupaten Natuna sangat berpuas hati atas pencapaian kesuksesan dalam penyelenggaraan event tersebut. Hal tersebut karena pencapaian apa yang menjadi tujuan digelarnya Funtouristic Festival tersebut yaitu untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke Natuna dan ke obyek dan daya tarik atraksi wisata Natuna yang bukan saja terkenal dengan kealamian dan eksotismenya, namun kini ditambah dengan diperkenalkannya beberapa atraksi seni budaya lainnya seperti: Lagu Melayu Natuna, Band Remaja, Festival Burung Berkicau, Tradisi Nyuluh, Permainan Gasing Tradisional Natuna dan Pertunjukan Layang-layang Tradisi.
Beberapa hal menarik yang dapat kita temukan selama berlangsungnya acara yang digelar pada event Funtouristic Festival tersebut, diantaranya adalah untuk pertama kalinya diadakan kegiatan Workshop layang-layang tradisi yang melibatkan sekitar 180 siswa siswi Sekolah Dasar. Anak-anak sangat antusias ketika diajarkan cara membuat layang-layang sederhana oleh tim Layang-layang Internasional yang berbagi ilmu dengan anak-anak agar permainan layang layang tradisi tak hilang ditelan zaman.

Puncak kekaguman warga Natuna adalah ketika dilangsungkannya atraksi menerbangkan layang-layang kreasi berbagai bentuk oleh para pelayang-layang internasional dari 7 negara yang dengan sudah trampil menaikkan dan memainkan layang-layang yang beragam, unik dan menarik dengan cara cara yang tak biasa. Tentu saja hal ini membuat amazing para pengunjung di area Bandar udara Ranai.

Festival Kicau Burung juga sangat mengundang minat para pencinta burung berkicau untuk turut serta ikut lomba ataupun hanya sekedar menikmati, meskipun lomba ini dilakukan bersamaan waktunya dengan Festival layang layang Internasional , namu antusiasme dari para Bird Lover tidak surut, mereka sudah memadati area panggung atraksi budaya sejak pagi. Bahkan Bapak Yusripandi Ketua DPRD Natuna juga lebih memilih berada di area burung berkicau ini.

Festival lagu melayu dimaksudkan untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda untuk tetap dapat mempertahankan lagu melayu tradisi di tengan gempuran music pop modern. Sedangkan gelaran Band Remaja memberikan warna baru bagi selera musik di Natuna dengan akulturasi lagu bernuansa melayu dengan genre music rock dan cadas yag membahana di telinga para penonton yang sebagian besar remaja yang memadati arena Pantai Kencana Ranai. Tak kurang dari sepuluh ribu penonton memadati panggung festival band sepanjang lomba digelar.


Festival Permainan Gasing Tradisi juga tidak kalah menarik, dengan peserta yang terbatas karena waktu yang disediakan tidak banyak, namun para pemain gasing se-Natuna mengeluarkan jurus dan kemampuan terbaiknya untuk memenangkan ajak gasing tradisi ini. Semangat bertanding dan jiwa sportivitas tetap terjaga.

Kedua kalinya digelar Festival Nyuluh yakni lomba mencari ikan dengan membawa suluh/pelita/obor/strongkeng/senter sebagai penerang dan penarik minat ikan untuk mendekat dan kemudian mereka bisa menangkapnya.


Dengan hadirnya berbagai event tersebut tentunya akan dapat lebih menarik minat orang untuk berkunjung ke Natuna untuk menyaksikan berbagai atraksi tersebut. Diyakini bahwa ragam festival dan lomba yang telah berlangsung ini juga dapat menaikkan citra positif pariwisata Natuna di mata wisatawan nusantara bahkan dunia. Peran media sangat penting dalam meningkatkan brand image wisata Natuna melalui multi media yang berkembang pesat saat ini.

Benefit dari penyelenggaraan event Funtouristic Festival ini bagi pelaku usaha wisata dan masyarakat adalah meningkatnya jumlah tingkat hunian hotel dan penginapan, laris-manisnya makanan dan minuman yang dijual oleh restoran dan rumah makan serta pedagang makanan dan minuman kecil-kecilan. Peningkatan omset penjualan tersebut sangat dirasakan oleh masyarakat yang membuka usaha penyediaan makan minum, kuliner dan cemilan. Aktivitas yang dilakukan sepanjang penyelenggaraan event tersebut juga memberi hiburan tersendiri bagi masyarakat Natuna yang mendambakan hiburan gratis yang berkualitas.
Event Funtouristi Festival ditutup dengan semarak tarian massal zapin tradisi oleh anak-anak dari sanggar Langkadura dan juga dimeriahkan dengan kehadiran para pemeran Film Jelita Sejuba yang sedang hits bagi warga Natuna terutapa menghadirkan idola remaja Wafda dan Aldy Maldini yang dengan antusias menghibur ribuat penonton yang memadati arena event di Pantai Kencana Ranai.


Meskipun setiap hari diselingi hujan namun FUNTOURISTIC FESTIVAL yang menjadi event unggulan di tahun 2018 mampu memberi kesan/impresi sebagai event tradisional yang dikemas kekinian yang dapat menghadirkan kegembiraan dan kekaguman bagi siapa saja yang menyaksikan langsung on the spot di Natuna.