"WEBSITE RESMI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN NATUNA"

Natuna Tuan Rumah Parade Tari Propinsi Kepulauan Riau Tahun 2018.

Untuk pertama kalinya perhelatan Parade Tari Daerah Tingkat Provinsi Kepulauan Riau di selenggarakan di Kabupaten Natuna. Hal ini dapat terwujud karena adanya niat, semangat, sikap proaktif dari Kabupaten Natuna untuk merubah stigma bahwa Kabupaten yang jauh diutara Indonesia ini juga mampu untuk menyelenggarakan event ini dengan meriah dan sukses.

Event Parade Tari Daerah Provinsi Kepri tahun 2018 ini diikuti oleh 8 group tari yang berasal dari 6 Kabupaten/Kota. Kabupaten Natuna mengirimkan 2 Group sanggar tari yaitu sanggar Langkadura dan sanggar Tebing Kike. Kota Tanjung Pinang mengirimkan 2 group juga. Sementara itu Kabupaten Lingga, Karimun, Bintan dan Kota Batam masing masing hanya mengirimkan 1 group tari.

Pada pembukaan resmi Parade Tari Daerah kali ini diawali dengan Prosesi pemenang Parade Tari Daerah Provinsi Kepulauan Riau tahun 2017 lalu yaitu Kabupaten Karimun yang akan mengusung Piala Bergilir untuk diserahkan pada Pemenang pada tahun 2018 ini.

Dari catatan prestasi di Tingkat Nasional pada Parade Tari Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Provinsi Kepulauan Riau dapat dikatakan cukup berprestasi hampir setiap tahunnya meraih beberapa kategori penghargaan seperti penata tari terbaik, penata kostum terbaik, penata music terbaik   untuk   wilayah Sumatera maupun Juara Umum sudah pernah diraih.

Melalui Parade Tari Daerah ini diharapkan agar dapat melestarikan seni budaya melayu Kepulauan Riau, khususnya seni tari. Dengan memberikan sentuhan kreasi yang dapat memperindah gerak tari sebagai sebuah pertunjukan yang dapat menarik bagi lintas generasi, juga dapat menjadi ajang peningkatan prestasi anak negeri segantang lada ini dan mampu bersaing dan Berjaya pada lomba tari di tingkat nasional bahkan dunia (Hfz).