"WEBSITE RESMI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN NATUNA"

MULTI FESTIVAL DALAM KEMASAN EVENT PEKAN EXPO NATUNA 29 JULI – 1 AGUSTUS 2017

NATUNA – Setelah sukses menggelar Event Festival Wisata Bahari awal bulan Juni lalu, yang berhasil membuat waisatawan kapal Yacht singgah di pesisir Pulau Bunguran, tepatnya di pelataran pantai Teluk Selahang yang dikenal sebagai pantai Tanjung. Sebanyak 12 Kapal Yacht yang memuat 24 wisatawan mancanegara yang berasal dari berbagai negara seperti Australia, Malaysia, Amerika Serikat, Inggris, irlandia, dan beberapa negara lainnya tersebut disambut dengan hangat oleh masyarakat setempat yang dikoordinir oleh Pemerintah Kabupaten Natuna dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sebagai ujung tombaknya.. Dari hasil wawancara yang dilakukan oleh pemandu wisata yang tergambar dari ekspresi excited dari wajah para turis mancaanegara tersebut jelas terlihat kepuasan mereka kala mengunjungi destinasi obyek wisata unggulan dan daya tarik wisata dan atraksi yang disajikan. Dengan demikian untuk tahun mendatang event semacam ini memiliki kans untuk menjadi kalender event tetap pariwisata Kabupaten Natuna.
Bersempena dengan peringatan hari jadi Kota Ranai yang ke- 146 tahun 2017 ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Erson Gempa Afriandi S.Sos, MA sangat antusias untuk menggelar beragam festival yang dikemas dalam satu event yaitu “Pekan Expo Natuna”. Pada acara pembukaan Pekan Expo Natuna yang disejalankan dengan Peringatan Hari Jadi Kota Ranai ke 146 tersebut juga diperkenalkan (Launching) Brand Pariwisata Natuna yang dikemas dalam bentuk prosesi yang unik dan spektakuler.
Pada hari ke-2 diselenggarakan Festival Pulau Senoa yang digelar sejak pagi hingga sore hari full di pulau Senoa yang merupakan Destinasi Wisata andalan Natuna dengan potensi wisata yang komplit mulai dari; bentuk pulaunya yang unik seperti orang tidur, letaknya yang merupakan perbatasan timur Natuna dengan Malaysia, kontur pulaunya yang variatif mulai dari puncak bukit, tebing terjal, pasir putih untuk berenang atau bermain volli pantai, goa sarang walet, patahan karang laut, tempat penyu hijau bertelur, dan terumbu karang bawah lautnya yang masih alami pada spot tertentu sehingga asyik untuk dijadikan spot menyelam maupun snorkeling dan memancing. Di Pulau Senoa akan digelar lomba pacu kolek yang merupakan alat transportasi air yang masih tradisional, serta lomba fotografi dengan tema foto Wonderful Senoa.
Event yang tak kalah uniknya adalah Festival Nyuluh yang otentik dari Kepulauan Riau terutama di Kabupaten Pulau-pulau yang tersebar di Natuna. Aktivitas menyuluh diadaptasi dari usaha masyarakat pesisir untuk mendapatkan ikan tanpa harus berlayar ke tengah laut. Penangkapan ikan dengan teknik menyuluh ini dilakukan pada malam hari dikala air laut sedang surut. Dengan bermodal lampu suluh, masyarakat mencari ikan yang terperangkap disurutnya air atau perairan dangkal. Dengan bermodal parang ataupun tombak, ikan dapat diiperoleh. Untuk melestarikan budaya lokal itulah Festival Nyuluh ini digelar untuk pertama kalinya di Kabupaten Natuna. Dengan keunikan dan otentisitasnya diharapkan Festival Nyuluh menjadi Kalender Event tetap ika dilihat prospeknya dari antusiasme masyarakat untuk turut serta dalam Festival Nyuluh ini.
Sebagai Event utama Pekan Expo menghadiran stand-stand pameran yang menggambarkan hasil pencapaian pembangunan Kabupaten Natuna dari sekala sektor ekonomi dan sosial masyarakatnya. Guna memeriahkan suasana masyarakat dan wisatawan yang mengunjungi stand pameran, juga digelar Festival Band mulai dari sore hingga malam hari. Selain itu tidak ketinggalah pula hiburan berupa atraksi dari beberapa paguyuban seni daerah yang ada di Indonesia dalam balutan Parade Seni Budaya Nusantara yang menampilkan kesenian Randai, Reog, Angklung, Barongsai dan kesenian tradisional khas Natuna seperti Permainan Gasing, Permainan Alu dan Kesenian Mendu yang pastinya sangat diminati oleh pengunjung Pekan Expo karena dikemas dalam atraksi atraktif, dinamis dan kekinian.
Deretan multi festival yang digelar selama 4 hari berturut-turut dari tanggal 29 Juli hingga 1 Agustus 2017 tersebut memiliki ekspektasi untuk dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Nusantara dan Manca Negara khususnya wisatawan Cross Boarding atau pelintas batas dari negara tetangga seperti Malaysia. Dengan target 500 wisatawan luar negara yang akan hadir pada acara tersebut, Bupati Natuna berharap agar event yang didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Kementerian Pariwisata, Multi Event Pekan Expo Natuna dapat mengangkat nama Natuna dalam percaturan Destinasi Wisata Baru yang berkembang pesat dan memiliki daya saing dengan destinasi wisata lainnya yang ada di wilayah negara Republik Indonesia.