"WEBSITE RESMI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN NATUNA"

Jelajah Pulau Setanau 2018.

Berbekal ide kreatif  dan semangat jiwa muda, sekelompok pemuda Pokdarwis Tiger Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna berinisiatif menyelenggarakan sebuah event pariwisata di obyek wisata di sekitar tempat tinggal mereka. Kekompakan yang sudah terjalin dimanfaatkan untuk melakukan kiprah positif memperkenalkan salah satu obyek wisata andalan Natuna yaitu Pulau Setanau agar semakin menggeliat di percaturan destinasi wisata populer dan  diharapkan dapat mendunia.

Penyatuan ide melalui urun rembug yang cukup alot kemudian disusun di dalam sebuah planning penyelenggaraan event lokal yang diberi tajuk Festival Jelajah Setanau. Besar harapan event tersebut dapat terekspos luas. Dengan mengundang dan melibatkan pihak Pemerintah daerah Kabupaten Natuna yang dalam hal ini adalah Bupati dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, penggiat pembangunan pariwisata bahari, Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Natuna, Kepolisian Resor Natuna, dan pemuda serta seluruh masyarakat Pulau Tiga dan pulau lain di Kabupaten Natuna yang ada disekitarnya.

Festival yang digelar sehari penuh tersebut dibuka dengan sambutan Bupati Natuna Drs. H. Hamid Rizal, M.Si yang datang memenuhi undangan panitia dengan penuh semangat menyeberangi selat lampa menuju tempat acara berlangsung. Acara berikutnya adalah diskusi peran aktif masyarakat khususnya para pemuda tempatan dalam pengembangan pariwisata serta sosialisasi jauhi Narkoba oleh Polres Natuna. Kemudian langsung dilanjutkan dengan lomba mancing ikan di tepian pulau Setanau. Sepanjang acara digelar terlihat jelas kemeriahan dan antusias dari pengunjung yang hadir di pulau kecil nan eksotis tersebut.

Pulau Setanau telah dikenali masyarakat Natuna sejak lama, dan bahkan dekade terakhir ini sudah dijelajahi oleh turis mancanagera baik secara perorangan, dengan kapal pesiar maupun turis yang datang dalam komunitas Yachter. Keindahan Pulau Setanau dilengkapi lagi dengan hadirnya Pulau Setai yang berdampingan disebelahnya dengan keunggulan terumbu karangnya yang masih alami dan indah.

Diharapkan dengan digelarnya event seperti ini diharapkan duo Setanau-Setai dapat lebih populer dan memblow-up jumlah kunjungan wisata ke destinasi wisata Natuna. (Hfz).