"WEBSITE RESMI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN NATUNA"

Disparbud Natuna Lakukan Seminar Tata Cara Nikah Kawin dan Pakaian Adat Melayu

Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Pemerintah Kabupaten Natuna laksanakan Workshop Tata Cara Nikan Kawin dan Pakaian Melayu di Sisi Basisir. Workshop dilaksanakan selama 2 hari, 6-7 Nopember 2017. Tujuan dari kegiatan ini untuk menambah pengetahuan kita tentang tata cara  pernikahan  dalam adat melayu khususnya para perias pengantin atau sering disebut Mak Andam.

Salah satu narasumber dari Propinsi Kepri Bpk.Drs.H. Thamrin Dahlan, M.Si menjelaskan “banyak tata cara pernikahan adat Melayu yang harus Mak Andam pahami, dari melamar hingga acara pernikahan selesai”. Meskipun kita berada dimasa serba modern namun kita jangan lupa untuk mengutamakan penampilan adat melayunya.

Ada beberapa materi pokok yang beliau sampaikan seperti tata cara meletakkan keris bagi pengantin laki-laki. Menurut adat melayu, apabila kepala keris menghadap sebelah kiri menggambarkan perasaan damai, sedangkan apabila kepala keris menoleh arah kanan berarti menggambarkan perasaan marah. Oleh sebab itu, Mak Andam harus pahami tentang ini. Selanjutnya tata cara menggunakan songket, urutan membawa hantaran serta penggunaan pantun yang cocok.

Kepala Dinas Pariwisata Natuna  H. Erson Gempa Afriandi, S. Sos, MA juga menyampaikan bahwa agar kompaknya tara rias pengantin di Natuna perlu dilaksanakan kegiatan seperti ini. Ini salah satu cara menjaga adat istiadat melayu, terutama melayu Natuna yang pasti memiliki perbedaan sedikit dengan adat istiadat melayu lainnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan sambutan dari Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna Dra. Hj. Indah Yuni Suprapti dan dilanjutkan foto bersama.