"WEBSITE RESMI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN NATUNA"

BPNB Kepri Angkat Lang-Lang Buana Sebagai Materi BBM

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Kepulauan Riau terus berupaya untuk menjaga nilai-nilai budaya yang ada di Kepri ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membuat sebuah kegiatan yang berjudul Belaja Bersama Maestro (BBM). Kegiatan berjalan selama 4 hari yang pesertanya diambil dari sekolah setingkat SLTA. Pembukaan dilaksanakan di Hotel Trand Central pada tanggal 5 September 2017. Turut hadir Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Bpk. Toto Sucipto dan Kepala Dinas Pariwisata Natuna H. Erson Gempa Afriandi pada cara pembukaan tersebut.Budaya atau kesenian yang diangkat pada kesempatan ini adalah Lang-Lang Buana.

Selanjutnya kegiatan latihan dilaksanakan di SMK Kelautan dan Perikanan selama dua hari dengan menghadirkan maestro dari kesenian tersebut yaitu Bpk. Anuar. Bpk. Anuar sendiri adalah Ketua Sanggar Lang-Lang Buana yang beralamat di Desa Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut. Sebelum latihan dimulai Kepal BPNB Kepri Bpk. Toto Sucipto juga menyampaikan pemaparan kepada peserta. Beberapa hal pokok dari paparan tersebut yakni tentang Nilai Budaya kita Indonesia yang semakin memudar, seperti cium tangan terhadap orang tua yang sudah tidak seperti dulu lagi. Beliau juga menyampaikan, “meskipun kita bersaing dalam didunia global, tetapi kita jangan meninggal budaya kita, agar budaya kita tidak terus menerus diklaim atau diakui oleh bangsa lain”.

Hari terakhir atau hari ke empat kegiatan selanjutnya adalah memetaskan hasil latihan Lang-Lang Buana di ruang studio kesenian SMAN 2 Bunguran Timur.

Semoga generasi muda yang terlibat dalam Kegiatan Belajar Bersama Maestro terus berlatih, menjaga dan melestarikan Kesenian Lang-Lang Buana ini. (PR)